Cara mempermudah proses menulis oleh Sangaviery LS

                                                           Sumber foto/bacapintar.com
 

Halo, perkenalkan saya Sangaviery L Situmorang saat ini sedang menempuh pendidikan Strata-1 di Universitas Pembangunan Jaya, mengambil jurusan manajemen angkatan 2021.

Tak terasa pertama kali menulis di blog ini pada saat SMP dan sekarang saya duduk di bangku perkuliahan. Kali ini saya akan memberitahu teman-teman sebuah cara bagaimana mempermudah proses menulis, pasti penasaran kan?
Cara ini saya susun berdasarkan pengalaman yang saya dapat selama ini.

1.Banyak membaca artikel dan berita

Yang pertama adalah banyak membaca artikel dan berita. menurut saya hal ini sangat membantu dalam proses penulisan karena melatih pikiran untuk melihat contoh yang sudah ada lalu mengaplikasikannya.

2.Menulis kerangka berpikir terlebih dahulu 

Menulis kerangka merupakan sebuah hal yang wajib menurut saya ,karena ketika kerangka berpikir dibuat proses penulisan lebih terarah dan tidak melenceng dari tema yang telah ditentukan

3.Melakukan evaluasi dan pratinjau secara berkala

Setelah tulisan selesai ada baiknya untuk mengevaluasi hasil tulisan atau melakukan pratinjau secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap tulisan kita. Hal tersebut sangat diperlukan dalam proses pengembangan tulisan beserta kemampuan penulis itu sendiri.

4.Latihan dan hindari multitasking

Latihan merupakan proses wajib yang harus dilakukan untuk menjadi penulis yang baik, perbanyak latihan baik dalam catatan biasa maupun digital hal itu akan membantu sekali dalam setiap proses menulis nantinya. 

Dalam latihan dan menulis, hendaknya menghindari multitasking karena sangat merusak tatanan pikiran dan fokus di dalam menulis.

5.Berdoa sebelum memulai menulis

Saya percaya proses ini merupakan sebuah kunci dalam melakukan segala kegiatan, apa pun proses dan pencapaian kita itu semua terjadi atas izin dari yang maha kuasa.

Saya rasa itu saja cara yang bisa saya berikan. Semua hal yang saya tulis hanyalah berdasarkan riset dan pengalaman pribadi. Semoga kalian mampu menulis untuk diri sendiri, orang lain dan berdampak bagi sekitar.
Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan SMP Bintang timur P.siantar , Nomor 5 mengejutkan !

Cara memilih sekolah , nomor 2 harus kalian baca!